Komoditas Kopi di Mata Indonesia

buah kopi indonesia
buah kopi indonesia

Sejarah Pertumbuhan Kopi di Indonesia

Tahukah kamu?

Awalnya Kopi hanyalah tanaman liar yang tumbuh di dataran tinggi di daerah Ethiopia, pada abad ke – 15 tanaman Kopi pun dikembangkan. Pertumbuhan Kopi di Indonesia bermula dari perkebunan bibit kopi yang ditanam oleh Belanda di Tanah Jawa pada tahun 1699. Sejarah Kopi di Indonesia tidak perlu dipertanyakan lagi, sejarah yang panjang membuahkan hasil yang baik untuk pertumbuhan Kopi di Indonesia.

Kopi Indonesia: Penikmat di Seluruh Dunia

Komoditas Kopi menjadi minuman yang terkenal di seluruh kalangan baik di Indonesia ataupun di manca Negara. Saat ini, bisa dikatakan bahwa 9 dari 10 orang di dunia merupakan penggemar Kopi. Terbukti, saat ini sudah banyak gerai ataupun restaurant dan café menyediakan minuman Kopi, mulai dari Kopi Hitam sampai Kopi yang bervariasi, yang telah dicampur dan diolah oleh berbagai olahan minuman instan.

Banyaknya penikmat Kopi di berbagai manca Negara dikarenakan cara penyeduhan kopi yang dinilai mudah, serta banyaknya penyuplai dan produsen kopi menjadi salah satu alasan utama.
Di samping itu, karena banyaknya penyuplai dan produsen kopi, variant minuman Kopi pun kini beragam jenis dan rasanya. Berbondong – bondong orang dan pebisnis membuka lini bisnis di industri kopi. Harga Kopi pun bervariasi disesuaikan dengan keunggulan produk tersebut. Kini, gerai kopi sangat mudah dijumpai, rata – rata setiap gerai kopi memiliki penikmatnya masing – masing.

Industri Kopi Indonesia: Peringkat Keempat Dunia dan Potensi yang Luar Biasa

Berbicara tentang industri Kopi Indonesia, produksi Kopi di Indonesia saat ini menjajahi peringkat ke – 4 di Dunia dengan angka produksi senilai 12,1 juta Ton. Produksi Kopi di Indonesia masih kalah dibandingkan Negara Brazil, Filipina dan Vietnam. Tahun 2022 menjadi angka tertinggi dalam memproduksi Kopi di Indonesia yaitu mencapai 726 ribu ton, yang menjadikan Indonesia memiliki potensi besar untuk menguasai pasar global untuk industri Kopi.

Mendukung Perekonomian Negara: Peran Kopi dalam Devisa Indonesia

Total produksi Kopi di Indonesia lebih banyak yang di ekspor ketimbang digunakan untuk kebutuhan pasar lokal, 67% jumlah produksi Kopi di ekspor ke berbagai Negara dan sisanya sebanyak 33% disalurkan ke pasar lokal untuk kebutuhan masyarakat Indonesia. Bisa dikatakan, Komoditas Kopi menjadi salah satu komoditas hasil perkebunan yang memiliki peran yang cukup penting dalam perkembangan perekonomian Indonesia. Faktanya, Kopi memiliki peran dan sumbangsi yaitu menjadi penghasil devisa Negara selain gas dan minyak.

Lima benua yang menjadi tujuan ekspor Kopi Indonesia adalah Benua Asia, Eropa, Afrika,Australia dan Eropa. Adapun penyumbang ekspor Kopi Indonesia adalah jenis Kopi Robusta sebanyak 94%. Mengapa demikian? Simak alasannya di artikel berikutnya, ya.

Share Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pos lainnya

buah kopi indonesia
Tak Berkategori

Komoditas Kopi di Mata Indonesia

Sejarah Pertumbuhan Kopi di Indonesia Tahukah kamu? Awalnya Kopi hanyalah tanaman liar yang tumbuh di dataran tinggi di daerah Ethiopia, pada abad ke – 15

Read More »
Subsribe Weekly News

Berlangganan Newsletter dari AEKI untuk dapatkan informasi dan berita terbaru tentang kopi Indonesia.